Butuh Bantuan? Customer service Legend Souvenir siap melayani dan membantu Anda.
Hot : Dapatkan diskon sampai dengan 5% untuk pembelian minimal 200 pcs, berlaku untuk semua produk souvenir kulit
Beranda » Artikel Terbaru » Tips Mudah Membedakan Kulit Asli Dan Kulit Imitasi

Tips Mudah Membedakan Kulit Asli Dan Kulit Imitasi

Diposting pada 31 August 2020 oleh admin | Dilihat: 49 kali

Produk kulit asli semakin hari terus mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Baik itu dilihat dari model, desain sampai bahan dasar kulit yang juga variatif. Bahan kulit asli memiliki ciri khas yang membedakan kulit asli dan kulit imitasi. Hal ini perlu kita ketahui bersama, untuk memahami sifat karakteristik kulit asli. Karena seiring berkembangnya tekhnologi bahan kulit imitasi juga bisa dibuat semirip mungkin dengan kulit asli. Terutama pada beberapa produk yang sering digunakan seperti jaket, dompet dan tas.

Pentingnya mengetahui perbedaan kulit asli dan kulit imitasi juga agar tidak menyesal karena tertipu. Terlebih jika anda mendapatkan kualitas produk kulit yang setara dengan kulit imitasi. Hal ini perlu disadari dan tidak bisa diabaikan bahwa masih banyak penjual produk kulit yang bermain curang. Tentu untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar dengan memberikan kualitas produk yang kurang baik. Ada beberapa tips mudah membedakan kulit asli dan kulit imitasi dengan mengikuti saran dari Legend Souvenir.

Pelajari Tips Mudah Membedakan Kulit Asli dan Kulit Imitasi Dengan Teliti

Mengingat banyaknya produk kulit imitasi yang memiliki kemiripan dengan kulit asli, mulailah membeli produk kulit asli dengan teliti. Sebenarnya cukup mudah dan simple dalam membedakan produk kulit asli dengan kulit imitasi. Apalagi untuk anda yang sudah berpengalaman karakteristik kulit dengan baik. Berikut beberapa ciri kulit asli yang bisa anda kenali dan bedakan dengan kulit imitasi.

Teliti Tekstur Permukaan Kulit

Coba anda teliti bagian permukaan produk kulit yang dijual di toko. Karakteristik dari bahan kulit asli memiliki perbedaan yang cukup mudah diketahui. Mulai dari pori – pori permukaan kulit asli lebih terlihat jelas daripada kulit imitasi. Kemudian juga terbentuk dengan alami sehingga polanya tidak beraturan. Ibaratnya seperti kulit manusia yang memiliki lubang pori yang terlihat secara kasat mata. Sedangkan untuk kulit sintetis permukaanya lebih rapat dan membentuk pola yang rapih.

Tips mudah membedakan kulit asli dan kulit imitasi

Teliti tekstur permukaan kulit asli

Kemudian untuk corak atau aksen yang ada dipermukaan kulit asli akan terlihat tidak menentu. Biasanya tidak akan beraturan karena terbentuk secara alami. Karena lapisan kulit asli memiliki struktur yang berlapis. Sehingga saat ada goresan pada permukaan akan terlihat warna yang berbeda degan permukaan kulit. Biasanya terlihat warna putih atau kemerah mudaan. Sedangkan untuk kulit imitasi tidak memiliki sifat dan karakteristik tersebut. Ini disebabkan bahan kulit imitasi hanya dibentuk dari vinyl atau plastik. Coraknya pun bisa dibedakan karena terlihat rapih hasil bentukan dari mesin. Jika terkena sedikit goresan akan langsung menimbulkan kerusakan yang membesar. Karena tidak ada serat lapisan yang menumpu bagian permukaan kulit imitasi

Baca juga artikel penting; Keunggulan bahan kulit sapi untuk produk kulit premium

Memiliki Aroma Yang Khas

Mengenali tips mudah membedakan kulit asli dan kulit imitasi yang kedua yaitu dari aroma yang khas. Bahan kulit asli memiliki ciri aroma yang kuat dan tidak dimiliki oleh kulit sintetis. Bau dari kulit asli seperti kulit kering yang telah dijemur di bawah sinar matahari atau mesin pemanas. Tidak beda jauh dengan kulit manusia yang apabila terlalu lama dibawah terik matahari akan menimbulkan bau yang khas. Bau ini dihasilkan karena proses penyamakan yang dilakukan salah satunya dengan mengeringkan kulit. Tujuannya untuk mendapatkan bahan kulit yang kuat dan tidak mudah rusak.

Sedangkan untuk aroma kulit imitasi anda bisa mengenalinya seperti bau bahan pabrikan seperti plastik dan vinyl. Kemudian akan tercium bau bahan kimia yang kuat. Bekas bau mesin pabrik juga biasanya akan anda kenali seperti bau obat kimia.  Sebenarnya dengan kedua tips ini anda sudah cukup membedakan mana kulit asli dan kulit imitasi. Karena sifat kulit asli pertama dan kedua ini yang paling penting untuk diperhatikan.

Perhatikan Pola Jahitan Kulit Asli dan Kulit Imitasi

Pola jahitan juga memiliki karakteristik yang khas dan bisa anda gunakan sebagai salah satu cara membedakakan kulit asli dan kulit imitasi. Hal ini karena pola jahitan pada kulit asli akan memberikan kerutan yang lebih terlihat. Pada area sekitar lubang jahitan akan terlihat kerutan dari hasil tekanan pada proses menjahit. Jarum dan benang jahit pada kulit asli juga bisa dibedakan. Memiliki dimensi lubang yang lebih besar ketimbang benang di kulit imitasi.

Selain itu untuk alur dari jahitan pada kulit sintetis lebih rapi dan terukur. Hal ini karena proses jahitannya tidak secara handmade atau murni keseluruhan menggunakan mesin jahit. Biasanya tidak akan ada kerutan yang dihasilkan, sebab tingkat fleksibilitas dari bahan imitasi memang tidak sebaik kulit asli. Sehingga akan terlihat lebih mulus dan cenderung kaku. Bisa anda perhatikan pada model gambar antara jahitan di produk kulit asli dan kulit imitasi berikut.

Tips mudah membedakan kulit asli dan kulit imitasi

Pola jahitasn pada kulit asli

Uji coba dengan Suhu Panas

Cara ini bisa dikatakan cukup extream tapi juga sangat manjur. Karena sifat dasar dari bahan kulit asli dan kulit imitasi akan terlihat secara jelas. Menggunakan panas api dari korek atau semacamnya bisa digunakan dengan mudah. Dekatkan produk kulit dengan panas api dari korek, cukup 1 – 3 detik saja. Perhatikan reaksi yang terjadi dari produk kulit tersebut. Jika menggunakan bahan kulit asli, premukaan produk tersebut akan berubah warna menjadi agak menghitam. Kemudian menimbulkan efek bau gosong atau rambut terbakar. Secara wujud tidak merusak bagia permukaan dan hany merubah warna menjadi gelap.

Sedangkan untuk bahan kulit imitasi atau kulit sintetis, perubahannya akan terlihat dengan perubahan fisik. Panas api akan memberikan efek pada wujud produk tersebut. Perubahannya tidak hanya merubah warna juga merubah wujud produk. Karena seperti bahan plastik atau vinyl pada umumnya apabila anda panaskan akan meleleh. Seperti lilin yang akan terus meleleh jika dipanaskan. Oleh karena itu bisa dijelaskan dari reaksi ini bahwa kualitas kulit asli memang lebih kuat dan awet ketimbang kulit imitasi.

Keunggulan bahan kulit sapi tahan terhadap panas

Keunggulan bahan kulit sapi tahan terhadap panas

Belilah di Produsen Souvenir Kulit Asli atau Toko Bergaransi

Tips terkahir ini kami berikan sebagai rekomendasi untuk menghindari kemungkinan anda tertipu dengan produk sintetis. Menggunakan jasa permbuatan kerajinan kulit secara langsung adalah solusi yang tepat. Karena biasanya kualitasnya sudah terjamin baik dan juga memiliki harga yang lebih miring ketimbang di toko distributor. Kemudian dari segi garansi juga lebih lama karena pengrajin kulit lebih paham mengenai produk yang dibuatnya. Sehingga mampu memperkirakan kualitas yang diberikan pada produk kulit asli karyanya.

Jika di daerah anda tidak ada pengrajin kulit asli yang berpengalaman bisa membeli barang kulit asli di toko yang bergaransi. Selain bergaransi juga sudah banyak review yang positif atau terpercaya dari customer yang pernah membeli produk tersebut. Seperti di souvenirkantor.com sebagai pengrajin kulit asli dari Yogyakarta juga sekaligus menjual produk kulit asli. Khususnya untuk barang pengadaan seperti souvenir kantor dan souvenir perusahaan. Jadi anda akan mendapatkan produk kulit asli yang terjamin kualitasnya.

Demikian artikel singkat mengenai tips mudah membedakan kulit asli dan kulit imitasi yang bisa langsung anda terapkan. Pesan dari kami pahami karakteristik kulit asli dengan mencari banyak informasi dari berbagai media terlebih dahulu sebelum membeli. Kemudian jangan mudah terpengaruh dengan harga yang murah. Bersikap selektiflah untuk mendapatkan kualitas produk yang sedang anda inginkan. Semoga memberikan manfaat untuk pembaca dan membantu anda untuk memberikan solusi simple bagi permasalahan anda.

Bagikan informasi tentang Tips Mudah Membedakan Kulit Asli Dan Kulit Imitasi kepada teman atau kerabat Anda.

Tips Mudah Membedakan Kulit Asli Dan Kulit Imitasi | Legend Souvenir – Souvenir Kantor

Belum ada komentar untuk Tips Mudah Membedakan Kulit Asli Dan Kulit Imitasi

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

*Harga Hubungi CS
Stok: Pre Order
Terpopuler
*Harga Hubungi CS
Stok: Pre Order
Terpopuler
*Harga Hubungi CS
Stok: Pre Order
SIDEBAR